Kamis, 26 Desember 2013

Tugas Pengantar bisnis (Masalah Pemasaran)

  1. Masalah Pemasaran
Pemasaran adalah suatu usaha/kegiatan yang mengusahakan agar produk yang dipasarkanya dapat diterima dan disenangi masyarakat.Masalah ini juga salah satu masalah yang sangat mendasar yang dialami oleh perusahan atau para pengusaha kecil menengah. Masalah ini digolongkan menjadi tiga situasai,diantaranya:
  • Untuk produk baru (perintis), masalah yang sering muncul adalah sosialisasi produk (pemasaran). ini menyangkut bagaimana produk tersebut menjadi bagian dari kehidupan masyarakat (target konsumen).
  • Untuk produk alternatif, masalah yang harus disikapi adalah bagaimana menunjukkan nilai lebih dari produk tersebut dibandingkan produk sejenis (baik secara subtitusi ataupun komplementer). Untuk hal ini, perang harga bukan satu-satunya cara (malah itu merupakan cara terakhir). Perlu diingat, kita melakukan pemasaran (profit itu harus tinggi), bukan bakti sosial.
  • Untuk produk pasar atas, perlu diperhatikan distribusi dan tingkat ketersediaan. Banyak produk yang jatuh dari tahta pasar karena mengabaikan hal diatas. Sebagai seorang pemasar, kita harus berusaha mencegah aksi coba-coba konsumen terhadap produk lain sejenis. "jagalah brand loyalty produk mu".

Kendala – kendala yang mungkin dihadapi juga mencakup tiga hal yaitu :
  1. Perencanaan strategi pemasaran tidak matang.
Perencanaan strategi pemasaran sering tidak diperhatikan oleh para wirausahawan. Mereka melakukan distribusi pemasaran produk miliknya tidak berdasarkan aspek-aspek pemasaran tertentu dan tanpa direncanakan terlebih dahulu. strategi pemasaran tidak dibuat secara matang akan menimbulkan pemasaran tidak diorientasikan kepada pelanggan dan membuat produk tersebut tidak laku dijual.
  1. Target pasar yang terlalu lebar
Target pasar yang terlalu lebar pada dasarnya merupakan kesalahan di dalam perencanaan suatu usaha yang tidak dipertimbangkan terlebih dahulu. para pebisnis biasanya menetapkan tujuan hanya menginginkan untung yang sebesar – besarnya.

  1. Target pasar yang salah

Target pasar yang salah merupakan suatu hal yang sering terjadi di dalam berwirausaha. Seharusnya perlu perencanaan yang matang sebelum menetapkan target pasar ataupun target konsumen. para wirausahawan kadang menjual produknya ke sasaran konsumen yang tidak tepat, hal ini membuat produk yang ditawarkan tidak diminati oleh konsumen. Misalnya, seorang pengusaha menjual produk lukisan dan target pasarnya adalah masyarakat di daerah pemukiman yang mereka berpenghasilan pas-pas-an ataupun pada daerah kumuh. Sudah dapat dipastikan omset penjualan produk mereka akan sangat rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar